Ruang Lingkup Bisnis
·
PENDAHULUAN :
Pada bab 1 ini kita akan mempelajari mengenai:
Ø
Pengertian Bisnis
Ø
Tujuan Kebijakan Bisnis
Ø
Sistem Perekonomian & Sistem Pasar
Ø
Kesempatan Bisnis atau Usaha
Ø
Unsur-Unsur penting dalam aktivitas ekonomi
Ø
Hakikat Bisnis &
Ø
Mengapa Alasan Belajar Bisnis
·
PEMBAHASAN MENGENAI TEORI- TEORI
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata
bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar
busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas,
ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan
yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan
bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah
bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital
yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini,
misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya
atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar
kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti
keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang
menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga
penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk
pada badan usaha,
yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari
laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor
pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang
paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas
penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang
tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
1.
Tujuan Bisnis
Tujuan
bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari
bisnisyang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang
diharapkan bisadilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi,
pemasaran, personalia, dll)yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka
panjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa
barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhankonsumen serta memperoleh keuntungan
dari aktivitas yang dilakukan.Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai
tidak hanya untuk memenuhikebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang
ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
·
Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan
menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan
profit dalam jangka panjang.
·
Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau
jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnisyang ingin dicapai melalui inovasi
adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk,misalnya shampoo 2 in 1.
·
Physical and financial resources perusahaan memiliki
tujuan penguasaan terhadap sumber dayafisik dan keuangan untuk mengembangkan
perusahaan menjadi semakin besar dansemakin menguntungkan.
·
Worker Performance and Attitude untuk
kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawanterhadap perusahaan dan
pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
·
Manager performance and development manager
merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap
pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan
baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlianyang sesuai dengan
profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangankemampuan
manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program
·
training and development yang berkelanjutan.
·
Public Responsibility bisnis harus memiliki tanggung jawab
sosial seperti memajukankesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi
dan menciptakan lapangan kerja,
2.
Sistem Perekonomian & Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber
daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara
tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi
lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor
produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki
semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di
pegang oleh pemerintah.
Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem
tersebut.
Selain
faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut
mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian
terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah
untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara
pada perekonomian pasar (market
economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi
barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
Oleh karena itu sistem perekonomian & sistem pasar sangatlah penting dan menentukan bagi bisnis.jadi oleh
sebab itu kita harus mengetahui dan
mempelajari dulu bagaimana suatu sistem perekonomian pasar yang terdapat di
suatu tempat.
Sistem perekonomian yang di terapkan di Indonesia ini adalah
sistem saham & investasi yang di lakukan setiap para pengusaha-pengusaha
terkenal dan ternama
Sistem
perekonomian ini bisa sangat menguntungkan jika kita melakukan nya dengan
teliti. Karena jika kita tidak teliti maka kita juga bisa tertipu dengan
berbagai macam kedok penipuan tentang investasi maupun saham.
Perekonomian
pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme
untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual
dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai
akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh
mekanisme penawaran-permintaan.
Kita
bisa memulai atau belajar bisnis dari sistem pasar ini contoh nya:
Kita
dapat mengetahui barang2 apa saja yang dapat menghasilkan untung dan sangat di
butuh oleh para konsumen tersebut.
Kesempatan Bisnis /Usaha
Kesempatan bisnis adalah suatu peluang usaha yang kita
manfaatkan untuk mempelajari bisnis secara langsung karena kita sendiri yang
mendirikan dan mengelola itu semua. Jadi kita juga dapat belajar sedikit dari
kesempatan bisnis yang kita lakukan itu sendiri.
3.
Unsur-Unsur Penting Aktivitas Ekonomi
Unur-Unsur yang terdapat dalam aktivitas ekonomi yaitu:
ü
Memiliki modal untuk berbisnis
ü
Harus paham & mengentahui mekanisme sistem perekonomian
ü
Cermat & cerdik nya kita untuk memilih suatu saham
- Hakikat Bisnis
Hakikat
bisnis yaitu perinsip bisnis atau suatu hakekat yang telah di buat dan di
sepakati oleh para setiap pebisnis dan tidak boleh di langgar dan harus di
jalani sesuai dengan peraturan
- Mengapa harus mempelajari Bisnis
Alasan kenapa kita harus belajar bisnis adalah Karena bisnis
itu sangat penting jika kita tidak mengetahui tentang bisnis kita tidak akan
bisa membuat suatu usaha sendiri.
kita pun juga akan binggung dengan sistem kerja pasar yang
ada.
Bahkan
mungkin juga tidak ada yang ingin menanamkan saham atau investasi di perusahaan
kita. Ataupun bisa juga kita tertipu karena saham & investasi yang selama
ini sudah kita tanamkan.
·
ANALISIS
Bisnis adalah suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. tujuan
dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk
memenuhi kebutuhankonsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang
dilakukan.Dari mempelajari bisnis kita dapat belajar untuk memiliki peluang usaha dalam mendirikan usaha
sendiri.
·
Referensi
1.
Thomas Davenport (1993). Process Innovation:
Reengineering work through information technology. Harvard
Business School Press, Boston
2.
Michael Hammer and James Champy (1993). Reengineering
the Corporation: A Manifesto for Business Revolution, Harper Business
3.
Wikipedia.com
4.
Griffin R dan Ronald Elbert. 2006. Business. New
Jersey: Pearson Education.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar